Megapolitan.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mendukung pelaku usaha lokal untuk memperluas jejaring bisnis yang merupakan kunci untuk memasarkan produk Indonesia ke luar negeri.

Dukungan yang dimaksud, yakni dengan mempertemukan kembali pelaku usaha Indonesia dengan perwakilan asing di Tanah Air, untuk membuka peluang kerja sama dan memperluas jaringan bisnis bagi para pengusaha lokal.

Produk-produk unggulan Indonesia yang dipamerkan mencakup berbagai sektor yang juga ditampilkan di Ruang Permanent Trade Exhibition (PTE) Kementerian Perdagangan Jakarta, sebagai bagian dari layanan Inaexport.

“Diharapkan kegiatan ini menjadi wadah produktif untuk membangun sinergi konkret antar pelaku usaha dengan perwakilan luar negeri di sini,” ujar Budi dalam keterangannya, Jumat, 18 April 2025.

Menurutnya, ada empat perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini, yang terdiri dari beberapa bidang berbeda, seperti dekorasi rumah dan furnitur, minuman herbal, produsen serat viskose, serta makanan dan minuman olahan. Keempat pelaku usaha memaparkan keunggulan produk dan pencapaian masing-masing.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Fajarini Puntodewi menyampaikan, Business Networking akan menjadi agenda bulanan yang menampilkan potensi produk PTE sebagai bentuk komitmen berkelanjutan.

Kegiatan ini disebutkan juga akan menjadi sarana dalam membuka ruang diplomasi ekonomi dengan mengundang kedutaan asing. Pihaknya menegaskan akan konsisten menyatukan peluang dengan membuka jaringan bisnis.

“Melalui kegiatan ini, perusahaan Indonesia dapat menarik minat dan memperoleh permintaan produk dari negara-negara yang diwakili oleh para tamu undangan,” ucap Puntodewi.

Opini
Editor
Opini
Reporter