Megapolitan.id – Seorang pelanggan jasa pengiriman di Pangkalpinang, mengaku kehilangan sebagian barang yang hendak dikirimnya. Barang yang hilang berupa sparepart mesin.

“Dari empat nozle yang dikirim, hanya tiga unit yang diterima di gudang JAT JNT Jakarta. Padahal saya sudah membayar penuh jasa pengirimannya,” kata Tiara kepada awak media, Selasa (6/5/2025).

Kevin, suami Tiara meluapkan kekecewaannya terhadap perusahaan jasa pengiriman tersebut. Ia menilai pihak JNT Cargo tidak profesional dalam menangani keluhan pelanggan.

“Sudah banyak yang komplain tentang pelayanan mereka. Kami merasa sangat dirugikan. Mereka tidak bisa memberikan garansi atau kepastian,” keluh Kevin.

“Jika tidak ada itikad baik dari pihak JNT, kami siap menempuh jalur hukum dan melaporkannya ke pihak kepolisian,” tegas Kevin.

Sementara pihak JNT membenarkan adanya laporan pelanggan yang mengaku kehilangan barang. “Barang masih dalam proses pencarian. Diduga hilang di gudang JAT JNT Jakarta,” ucap Yoga, admin JNT.

Namun pihak JNT menegaskan belum bisa memastikan kapan tenggat waktu pencarian barang yang hilang tersebut.

“Kalau untuk waktunya, kami belum bisa pastikan karena masih dalam proses pencarian,” ucap Yoga.

Menurutnya, pelanggan dapat mengajukan klaim untuk penggantian apabila barang yang hilang tidak ditemukan dalam batas waktu tertentu,

Namun lagi-lagi, pihak JNT belum bisa memberikan penjelasan lebih detail terkait prosedur klaim dan berapa lama proses penggantian bisa berlangsung.

“Kami hanya mengikuti SOP pusat. Untuk penggantian, itu nanti ada proses dari Jakarta,” tandas Yoga.

Banyaknya kasus konsumen yang kehilangan barang, tentunya menjadi sebuah peringatan bagi masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih jasa ekspedisi, terutama saat mengirimkan barang-barang bernilai tinggi.